About me

Feeds RSS
Feeds RSS

Rabu, 06 November 2013

PlayWithCollection, 01 November 2013


Assalamu’alaikum ..
Selamat datang di pertemuan ke tujuh~
Pertemuan ke tujuh ini sang dosen tidak masuk, dalam rangka izin, iyaa izin tapi stok video tutorial buat mahasiswanya tetep ada kok iya adaa ..
Dan tidak ada password abs ensi untuk minggu ini .. Yeiii ntah harus senang atau kecewaa~
Minggu ini ada 4 video tutorial, seperti biasaaa aku akan posting salah satu video tutorial yaitu Play with Collection ..

Pada sesi video tutorial play with collection ini kita akan membahasa tentang collection.  Sesuai dengan kata-katanya collection adalah koleksi yang terdiri dari beberapa data. Misalnya kita mengkoleksi motor, berarti motor itu ada banyak atau kita kita mengkoleksi handphone, itu berarti handphone kita ada banyak, lebih dari satu. Nah di dalam dunia programming kadang ada data yang sama tapi berbeda, artinya jenisnya sama. Misalnya handphone, handphone jenisnya banyak, ada yang OSnya android, OSnya windows phone, atau OSnya blackberry. Bagaimana kita melakukan sebuah koleksi untuk data-data tersebut agar nantinya ketika kita membutuhkan informasi dari koleksi dari data yang berjenis sama itu akan sangat mudah. Jadi collection ini akan sangat mudah sekali untuk mengambil data / informasi yang kita butuhkan dari sebuah collection. Kemudian collection ini juga akan sangat berguna untuk mengorganize data yang jenisnya sama, kalau tidak di organize kita akan kesusahan untuk mengambil informasi tersebut. Jadi data yang jenisnya sama akan kita organize melalui collection ini.

  1. Buka Aplikasi windows phone – new project – name dan solution name (PlayWithCollection)
  2. Kemudian Pilih platform Windows Phone 7.1  
  3. Tambahkan Button 
    Content="Show Collection"
    Name="CollectionBT" 
  4. TextBlock
    Name="CollectionTB"
    Text=""
  5. Klik 2x pada Button “Show Collection”,Maka  akan masuk ke halaman MainPage.Xaml.cs
Selanjutnya kita akan membuat class terlebih dahulu. Pada kesempatan ini teknik terbaik dalam membuat class itu adalah dengan membuat sebuah file. 1 class 1 file akan sangat memudahka kita mengorganize code. Kebanyakan developer / pengembang juga seperti itu, kebanyakan developer yang sudah mahir selalu membuat file baru untuk setiap classnya.

Dan class ini terpisah dengan MainPage.Xaml.cs. Caranya :
  1. Klik kanan pada nama project
  2. Kemudian Add – Class - Name (MotorCycle.cs)

Disini ketika kita membuat sebuah class baru maka secara otomatis visual studio akan memanggil beberapa template diantaranya itu adalah :

using System;
using System.Collections.Generic;
using System. Linq;
using System.text;

namespace Collection
{
    public class MotorCycle
    {
        public string Name { get; set; }
        public string Model { get; set; }
    }
}


Untuk sementara hiraukan saja coding yang diatas, biarkan defaultnya saja.

Kemudian Kembali kehalaman MainPage.Xaml.cs , Ketikan Kode sbb:


Sekarang jalankan emulatornya dan klik show collection dan hasilnya seperti gambar dibawah ini :


Baiklah cukup sekian postingan pertemuan kali ini, walaupun singkat dan tidak ada banyak gambar tetapiii semoga bermanfaat..

Terimakasih~

Wassalamu’alaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar