Web 2.0 ini sederhananya
adalah website di mana konten atau isi website tersebut berasal dari pengguna
internet itu sendiri. Jadi kalau kita memiliki sebuah website, biasanya kita
akan mencari atau menulis sendiri untuk keperluan konten website tersebut, bukan?
Anggaplah situs seperti itu adalah web 1.0. Nah, sementara kalau yang versi 2
itu, kontennya dari maysarakat pengguna internet. Sebagai contoh, sobat pasti
kenal dengan situs-situs besar seperti Facebook,
YouTube, MySpace, Friendster, dll. Isi website mereka merupakan postingan
(konten) dari pengguna internet itu sendiri. Bahkan FORUM pun bisa dikatakan merupakan
web 2.0 karena isinya adalah postingan dari pengguna internet itu sendiri
Nah, menurut hasil riset, 'robot' Search Engine sangat senang mengunjungisitus-situs web 2.0. Dan bahkan belakangan dia lebih banyak mengindex situs-situs seperti ini, yang dikenal juga sebagai Social Media Sites. Dengan kata lain, kita sebagai marketer, bisa menggunakan Social Media Sites ini sebagai ajang mencari link satu arah (dengan cara memposting sebuah artikel, video, audio, bahkan gambar/foto) melalui jaringan mereka dan nge-link balik ke situs kita tanpa kita harus nge-link balik ke situs mereka.
Keuntungan Web 2.0
Keuntunga dari web 2.0 yang
lain? Tentu saja, karena Social Media Sites ini merupakan situs yang banyak
dikunjungi, maka bukan hal yang tidak mungkin, selain kita mengharapkan traffic
kelak dari Search Engine, kita juga bisa mengharapkan pengunjung tertarget dari
traffic Social Media Site itu sendiri! Oleh sebab itu, saat kita melakukan
posting di situs mereka, baiknya kita memberikan konten yang terbaik! Agar kita
mendapatkan 2 keuntungan sekaligus, yaitu mendapatkan link satu arah untuk
kepentingan SEO, dan juga 'mencuri' traffic mereka yang sudah ada tanpa harus
mengeluarkan biaya promosi!. Selain situs yang tanpa biaya, sobat juga bisa
menggunakan situs pasang iklan gratis ini. Jadi logikanya, jika kita menemukan konten SEO yang bagus di sebuah website, pasti muncul
rasa ingin tahu siapa yang menulis atau pembuat konten tersebut dengan
mengunjungi situs pribadinya.
So, pada saat 'sharing' konten di Social Media Sites, berikan yang terbaik. Satu hal yang perlu diingat oleh kita adalah: Social Media Site ada bukan untuk tempat promosi, tapi untuk tempat berbagi! Saat kita mau berbagi sesuatu yang disenangi oleh umum, maka traffic ke situs kita akan datang dengan sendirinya! Sebaliknya, jika kita kelihatan hanya ingin mendapatkan link satu arah, apalagi terang-terangan berpromosi, ini hanya akan merusak citra kita, dan kita bisa jadi di banned oleh Social Media Site bersangkutan! Jadi lakukanlah dengan bijaksana, jangan SPAM Social Media Site !
Sumber : http://wardahelva.blogspot.com/2013/01/pengertian-web-20.html
0 komentar:
Posting Komentar