About me

Feeds RSS
Feeds RSS

Sabtu, 05 Oktober 2013

Belajar Aplikasi Windows Phone dengan Video Tutorial dari Dosen

Minggu, 05 Oktober 2013

Pertemuan ke3 ini kami nonton modul video dari dosen. Video tentang perkenalan / basic aplikasi WP.

First video tentang membuat aplikasi Windows Phone :
1.      Membuat Aplikasi
2.      Pengenalan IDE Visual Studio
3.      Designer dan XAML Editor (Drag and Drop)
4.      Merubah Propertis
5.      Relasi antara XAML dan C#
6.      Run and Stop Application


Pengenalan IDE Visual Studio. Ini adalah tampilan dialog project pertama, ada template yang sudah diinstal, kemudian jangan lupa pilih yang C#.  Gambar dibawah ini adalah tampilan awal Visual Studio Express 2012 for Windows Phone. IDE merupakan lingkungan tempat kita membuat / mengembangkan sebuah aplikasi seperti gambar  yang kedua , ini yang disebut IDE. Disini sudah ada design blog, kemudian ada xaml editor, ada solution explorer , properties dan toolbox.





Disebelah kiri ada toolbox yang merupakan tools-tools yang akan sering kita gunakan diaplikasi ini. Kemudian ada design blok , sudah terlihat contoh devicenya. Kemudian sudah ada xaml editornya, jadi ketika kita merubah di xaml editor, maka di design blok juga akan berubah, begitu juga sebaliknya.
Solution explorer adalah bagian managing project file, semua file project ada di solution explorer. Kemudian properties blok merupakan blok untuk windows untuk mengubah properties-properties dari element toolbox yang sudah dimasukkan ke design bloknya.

Second video tentang Managing project file aplikasi ada 3 point :

1.      Menghapus MainPage.xaml
2.      Add new item
3.      Mengubah file WMAppManifest

Pada awal sesi  kedua video ini membahas solution properties, folder-folder yang sudah dibuat langsung oleh aplikasinya seperti Properties, References, App.xaml, Applicationicon.png, Background.png, MainPage.xaml, SplashScreenImage.jpg.


Terus lanjut ke pembahasan bagaimana cara menghapus MainPage.xaml dan apa yang terjadi ketika MainPage.xaml nya dihapus. Dan ternyata ketika dicoba dijalankan emulatornya ada error, kenapa ?? karena file MainPage.xaml nya dihapus *yaiyalah pasti error :D makanya aplikasinya ga bisa run dan errornya seperti ini “a navigation has failed; break into debugger” “System.Diagnostics.Debugger.Break()”. Maka kita bisa mengambil kesimpulan bahwa ketika MainPage.xaml nya dihapus, aplikasinya tidak akan bisa di run :D. ini kesimpulan pertama, kalau kita stop debugnya dan membuat file baru ke aplikasi yang ini, apakah masih bisa berjalan atau masih error ?? dan ternyata masih tetap error, karena sebelumnya di video ketika membuat file baru itu nama filenya “MyFirstPage.xaml” bukan “MainPage.xaml”. Secara default, aplikasi yang kita buat itu halaman pertama yang akan dipilih yaitu “MainPage.xaml”.
Jadi sekarang kita tahu bagaimana memanage sebuah file atau  bagaimana kita menentukan halaman yang pertama kali di load oleh aplikasi ini.

The third video tentang Mengenal Windows Phone Emulator :

1.      Back, Start dan Seacrh Button
2.      Emulator Menu
3.      Maximise, Minimize dan Zoom
4.      Mouse sebagai jari
5.      Virtual keyboard
6.      Setting

Setelah video-video yang membahas bagaimana cara membuat aplikasi, video ketiga ini membahas tentang pengenalan Windows Phone Emulator. Emulator merupakan sebuah virtual machine yang mempunyai behavior / tampilan yang sama dengan device yang aslinya. Contohnya seperti gambar dibawah ini. 


Ini adalah emulator, jadi hasilnya pun mirip seperti device aslinya. Jadi bagi kita yang belum punya devicenya, maka ini adalah langkah terbaik untuk menggunakan ini J jadi kita tidak perlu bingung lagi emulator itu seperti apaaa :D

Sekian laporan dari Ulfi Oktafiani.
Terima kasih :)

7 komentar:

Unknown mengatakan...

kuliah ini aku membolos jadi hanya mendengarkan cerita2 dari temen... hiks

Unknown mengatakan...

Pembelajaran untuk minggu depan jangan membolos lagiiii :3

Unknown mengatakan...

itu tugas ya?

Unknown mengatakan...

Emmm tugas laporan kan .. ??

Unknown mengatakan...

atuh komen fi di blog aku... apapun lah yg penting ada nongol komentar hehe

Unknown mengatakan...

Wakakaka di paksa ilham~ :3

Unknown mengatakan...

akhirnya ketemu juga . . . .
maling dikit ya umi :D . heheheh

Posting Komentar