Pertemuan ke 5 ini aku akan
posting tutorial dari video yang tentang create and calling method. Nah nah nah nah tentang
keyword minggu lalu itu “Siapa orang
yang dikagumi di kelas ini”. Aku mikir, yang di kagumi di kelas ini yaa
semuanya 1 kelas yaitu BUD4TI. Ehh bapaknya maksa orang yang di kagumi itu
harus 1 orang, ga boleh semuaa~ Yaudin waktu giliran aku, jawaban aku tetap BUD4TI hhehe kenapa ? karena
BUD4TI kelas ini karakternya berbeda-beda dan itu membuat aku tertarik~ dan aku
sukaa hhahaa hidup BUD4TI !! Ehh tetep ajj si bapak tanya contohnya siapa 1
orang. Aku milih ziaaa karena sifat zia yang meledak-meledak dadakan itu aku
sukaa dan itu sebuah hiburan buat aku :D :D wkwkwk
Okeh lanjut ke tutorial
create and calling method. Create and calling ini merupakan penulisan dan
pemanggilan method dalam sebuah pemograman. Method ini merupakan salah satu hal
script penting dalam pemogramanan .
Berikut beberapa manfaat dari sebuah method
- Tidak menuliskan kode yang sama untuk yang ke dua kali nya
- Mengurangi jumlah kode
- Sangat mudah untuk melakukan perbaikan kode
- Tidak menuliskan kode yang sama untuk yang ke dua kali nya
- Mengurangi jumlah kode
- Sangat mudah untuk melakukan perbaikan kode
Dan beberapa tujuan dari
method
- Membuat method
- Memanggil method
- Mengirim parameter ketika memanggil method
Parameter merupakan
pemanggilan data pada sebuah method- Membuat method
- Memanggil method
- Mengirim parameter ketika memanggil method
Lanjut ke praktikum:
Di bagian desain view yang
di butuh kan :button ,textblock
pada bagian properties ganti :
pada bagian properties ganti :
Button :
Name :clickmebutton
Content : Click Me
Text block :Name :clickmebutton
Content : Click Me
Name :Mytextblock
Double
klik pada button Click Me dan masuk pada MainPage.xaml.cs (pada bagian script)
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Net;
using System.Windows;
using System.Windows.Controls;
using System.Windows.Documents;
using System.Windows.Input;
using System.Windows.Media;
using System.Windows.Media.Animation;
using System.Windows.Shapes;
using Microsoft.Phone.Controls;
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Net;
using System.Windows;
using System.Windows.Controls;
using System.Windows.Documents;
using System.Windows.Input;
using System.Windows.Media;
using System.Windows.Media.Animation;
using System.Windows.Shapes;
using Microsoft.Phone.Controls;
namespace
SimpleHelperMethod
// package
{
public partial class MainPage : PhoneApplicationPage
{
// Constructor
public MainPage()
{
InitializeComponent();
}
// package
{
public partial class MainPage : PhoneApplicationPage
{
// Constructor
public MainPage()
{
InitializeComponent();
}
private void
clickmebutton_Click(object sender, RoutedEventArgs e)
//private void tidak mengembalikan data yang memanggil
{
//cara memanggil nya
//private void tidak mengembalikan data yang memanggil
{
//cara memanggil nya
// Mytextblock.Text
=superSecretFormula
//mytextblock ini akan di
isi dengan superscreate formula yang telah kita ketikan di return tadi
//atau bisa juga menggunakan script
//atau bisa juga menggunakan script
Mytextblock.Text=”Hello
World”;
}
private string superSecretFormula()
{
return “Hello World”;
}
// private hanya bisa di pakai di dalam class ini saja
//string mengembalikan data
//penamaan harus mengikuti kaedah yang berlaku superSecretFormula
//return nya harus string juga “hello word” bukan “1″
}
private string superSecretFormula()
{
return “Hello World”;
}
// private hanya bisa di pakai di dalam class ini saja
//string mengembalikan data
//penamaan harus mengikuti kaedah yang berlaku superSecretFormula
//return nya harus string juga “hello word” bukan “1″
}
}
F5
Input output : jika di klik pada button maka akan tampil pada text block berupa
Hello World
Input output : jika di klik pada button maka akan tampil pada text block berupa
Hello World
Jika dalam app punya banyak
pemanggilan untuk “hello world ”maka alangkah lebih hemat nya jika kita
menggunakan script
Mytextblock.Text =superSecretFormula;
Misal kita membuat 2 buah button yang mengharuskan memanggil string yang sama maka kita bisa menggunakan script di poin 1
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Net;
using System.Windows;
using System.Windows.Controls;
using System.Windows.Documents;
using System.Windows.Input;
using System.Windows.Media;
using System.Windows.Media.Animation;
using System.Windows.Shapes;
using Microsoft.Phone.Controls;
Mytextblock.Text =superSecretFormula;
Misal kita membuat 2 buah button yang mengharuskan memanggil string yang sama maka kita bisa menggunakan script di poin 1
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Net;
using System.Windows;
using System.Windows.Controls;
using System.Windows.Documents;
using System.Windows.Input;
using System.Windows.Media;
using System.Windows.Media.Animation;
using System.Windows.Shapes;
using Microsoft.Phone.Controls;
namespace
SimpleHelperMethod
// package
{
public partial class MainPage : PhoneApplicationPage
{
// Constructor
public MainPage()
{
InitializeComponent();
}
// package
{
public partial class MainPage : PhoneApplicationPage
{
// Constructor
public MainPage()
{
InitializeComponent();
}
private void
clickmebutton_Click(object sender, RoutedEventArgs e)
//private void tidak mengembalikan data yang memanggil
{
//cara memanggil nya
//private void tidak mengembalikan data yang memanggil
{
//cara memanggil nya
Mytextblock.Text =
superSecretFormula();
//mytextblock ini akan di isi
dengan superscreate formula yang telah kita ketikan di return tadi
//atau bisa juga menggunakan script
//atau bisa juga menggunakan script
//Mytextblock.Text=”Hello
World”;
//jika sebuah app punya
banyak pemanggilan untuk
}
private string superSecretFormula()
{
return “Hello World”;
}
private string superSecretFormula()
{
return “Hello World”;
}
// private hanya bisa di
pakai di dalam class ini saja
//string mengembalikan data
//penamaan harus mengikuti kaedah yang berlaku superSecretFormula
//return nya harus string juga “hello word” bukan “1″
//string mengembalikan data
//penamaan harus mengikuti kaedah yang berlaku superSecretFormula
//return nya harus string juga “hello word” bukan “1″
private void
button1_Click(object sender, RoutedEventArgs e)
{
Mytextblock.Text = superSecretFormula();
}
//ini merupakan button 2 yang akan memanggil “hello word”
{
Mytextblock.Text = superSecretFormula();
}
//ini merupakan button 2 yang akan memanggil “hello word”
}
}
F5
Input output =
Button 1(Click Me) : Hello World
Button 2 (button ) : Hello World
Input output =
Button 1(Click Me) : Hello World
Button 2 (button ) : Hello World
Membuat parameter dalam
sebuah method
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Net;
using System.Windows;
using System.Windows.Controls;
using System.Windows.Documents;
using System.Windows.Input;
using System.Windows.Media;
using System.Windows.Media.Animation;
using System.Windows.Shapes;
using Microsoft.Phone.Controls;
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Net;
using System.Windows;
using System.Windows.Controls;
using System.Windows.Documents;
using System.Windows.Input;
using System.Windows.Media;
using System.Windows.Media.Animation;
using System.Windows.Shapes;
using Microsoft.Phone.Controls;
namespace
SimpleHelperMethod
// package
{
public partial class MainPage : PhoneApplicationPage
{
// Constructor
public MainPage()
{
InitializeComponent();
}
// package
{
public partial class MainPage : PhoneApplicationPage
{
// Constructor
public MainPage()
{
InitializeComponent();
}
private void
clickmebutton_Click(object sender, RoutedEventArgs e)
//private void tidak mengembalikan data yang memanggil
{
//cara memanggil nya
//private void tidak mengembalikan data yang memanggil
{
//cara memanggil nya
Mytextblock.Text =
superSecretFormula(“jhon”);
//mytextblock ini akan di
isi dengan superscreate formula yang telah kita ketikan di return tadi
//atau bisa juga menggunakan script
//atau bisa juga menggunakan script
//Mytextblock.Text=”Hello
World”;
//jika sebuah app punya
banyak pemanggilan untuk
}
private string superSecretFormula(string myname)
{
return string.Format(“Hello World,{0}”, myname);
}
private string superSecretFormula(string myname)
{
return string.Format(“Hello World,{0}”, myname);
}
// private hanya bisa di
pakai di dalam class ini saja
//string mengembalikan data
//penamaan harus mengikuti kaedah yang berlaku superSecretFormula
//return nya harus string juga “hello word” bukan “1″
//string mengembalikan data
//penamaan harus mengikuti kaedah yang berlaku superSecretFormula
//return nya harus string juga “hello word” bukan “1″
private void
button1_Click(object sender, RoutedEventArgs e)
{
Mytextblock.Text = superSecretFormula(“dhan”);
}
//ini merupakan button 2 yang akan memanggil “hello word”
{
Mytextblock.Text = superSecretFormula(“dhan”);
}
//ini merupakan button 2 yang akan memanggil “hello word”
}
}
F5
Input output
Button 1 (Click Me ) = Hello World JohnButton 2(button ) = Hello world dhan
Input output
Button 1 (Click Me ) = Hello World JohnButton 2(button ) = Hello world dhan
Membuat 2 parameter dalam
satu method
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Net;
using System.Windows;
using System.Windows.Controls;
using System.Windows.Documents;
using System.Windows.Input;
using System.Windows.Media;
using System.Windows.Media.Animation;
using System.Windows.Shapes;
using Microsoft.Phone.Controls;
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Net;
using System.Windows;
using System.Windows.Controls;
using System.Windows.Documents;
using System.Windows.Input;
using System.Windows.Media;
using System.Windows.Media.Animation;
using System.Windows.Shapes;
using Microsoft.Phone.Controls;
namespace
SimpleHelperMethod
// package
{
public partial class MainPage : PhoneApplicationPage
{
// Constructor
public MainPage()
{
InitializeComponent();
}
// package
{
public partial class MainPage : PhoneApplicationPage
{
// Constructor
public MainPage()
{
InitializeComponent();
}
private void
clickmebutton_Click(object sender, RoutedEventArgs e)
//private void tidak mengembalikan data yang memanggil
{
//cara memanggil nya
//private void tidak mengembalikan data yang memanggil
{
//cara memanggil nya
Mytextblock.Text =
superSecretFormula(“jhon”,5);
//mytextblock ini akan di
isi dengan superscreate formula yang telah kita ketikan di return tadi
//atau bisa juga menggunakan script
//atau bisa juga menggunakan script
//Mytextblock.Text=”Hello
World”;
//jika sebuah app punya
banyak pemanggilan untuk
}
private string superSecretFormula(string myname,int newValue)
{
return string.Format(“Hello World,{0},{1}”, myname,newValue);
}
private string superSecretFormula(string myname,int newValue)
{
return string.Format(“Hello World,{0},{1}”, myname,newValue);
}
// private hanya bisa di
pakai di dalam class ini saja
//string mengembalikan data
//penamaan harus mengikuti kaedah yang berlaku superSecretFormula
//return nya harus string juga “hello word” bukan “1″
//string mengembalikan data
//penamaan harus mengikuti kaedah yang berlaku superSecretFormula
//return nya harus string juga “hello word” bukan “1″
private void
button1_Click(object sender, RoutedEventArgs e)
{
Mytextblock.Text = superSecretFormula(“dhan”,4);
}
//ini merupakan button 2 yang akan memanggil “hello word”
{
Mytextblock.Text = superSecretFormula(“dhan”,4);
}
//ini merupakan button 2 yang akan memanggil “hello word”
}
}
F5
Input output
Button 1(click me ) = Hello World ,john,5
Button 2(button ) = Hello World ,dhan,4
Dan cukup sekian laporan postingan kali ini ..
Input output
Button 1(click me ) = Hello World ,john,5
Button 2(button ) = Hello World ,dhan,4
Dan cukup sekian laporan postingan kali ini ..
Semoga bermanfaat !
1 komentar:
Wahh coding semuaa~
Posting Komentar